Apa Itu Staycation? Ini Artinya dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

10 September 2022

Belakangan ini istilah staycation menjadi lebih akrab terdengar di telinga. Salah satu konsep liburan yang sedang naik daun terutama di kalangan milenial. 

Banyak masyarakat di kota-kota besar yang memilih melakukan staycation untuk mengisi waktu liburan. Tapi, apakah kamu tahu apa sih arti staycation, liburan seperti apa yang dimaksud? 

Biar tidak salah paham, simak ulasan selengkapnya mengenai pengertian staycation, kegiatan yang bisa dilakukan, dan manfaat atau keuntungannya berikut ini. 

Pengertian Staycation

Istilah ini berasal dari Amerika Serikat yang merupakan penggabungan dari dua kata yaitu “stay” berarti tetap dan “cation” dari kata vacation yang berarti liburan. 

Baca juga: 10 Wisma Terdekat Tempat Wisata di Purwokerto

Definisi staycation dalam Kamus Cambridge diartikan sebagai liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah, daripada bepergian ke tempat lain.

Sedangkan, menurut pendapat Vackova (2009) staycation merupakan kegiatan eksplorasi dan menikmati lingkungan di sekitar rumah dengan menginap di hotel atau ke lokasi wisata di kota-kota lain yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.
 
Dikutip dari laman Tourism Teacher disebutkan bahwa staycation yaitu kegiatan berlibur di rumah, dekat rumah, atau menikmati lingkungan di sekitar rumah. 

Sumber lain menyebutkan istilah ini sebagai liburan yang dilakukan dengan cara tetap berada di rumah atau menetap di suatu tempat. Bisa disimpulkan bahwa staycation merupakan liburan yang tidak membutuhkan tiket pesawat, paspor, atau visa untuk menuju destinasi liburan. 

Baca juga: Makna dan Lirik Lagu Terlanjur Mencintaimu Rossa Ft Pasha

Konsep Staycation

Konsep liburan ini berawal dari krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2008. Hal ini menyebabkan banyak rumah tangga harus membatasi pengeluaran termasuk anggaran untuk liburan.
 
Keterbatasan dana untuk bisa bepergian ke luar negeri ternyata membuat banyak orang menemukan hal-hal menarik dari lingkungan sekitar mereka. 

Di saat yang bersamaan juga muncul kesadaran masyarakat akan dampak lingkungan dari kegiatan pariwisata, khususnya masalah transportasi yang meningkat. 

Staycation pun menjadi solusi menarik untuk masalah polusi dari sektor pariwisata. Selain itu, cara ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan dengan lebih hemat.

Baca juga: Makna Lirik I Il Be There For You & Lagu Populer Bon Jovi Lainnya

Konsep liburan ini lebih fokus untuk “me time” atau fokus pada diri sendiri. Namun, staycation bisa kamu lakukan bersama teman atau keluarga yang sering gagal liburan karena jadwal masing-masing yang padat. 

Staycation juga menjadi solusi untuk liburan singkat dan fleksibel karena bisa dilakukan dalam waktu sehari, semalam, beberapa hari, seminggu, atau selama waktu yang mereka inginkan. 

Trend Staycation di Indonesia

Budget liburan yang terjangkau menjadi salah satu alasan staycation banyak digandrungi terutama kaum milenial. Konsep “stay” juga merupakan cara ekologis untuk menikmati liburan karena tidak berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan dan minim polusi. 

Di Indonesia sendiri konsep liburan ini menjadi begitu populer pada awal-awal masa adaptasi baru setelah pandemi. Bagi masyarakat khususnya di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Medan, staycation adalah liburan dengan cara menetap di suatu tempat seperti di vila, home stay, atau hotel yang berada tidak jauh dari tempat tinggal.

Baca juga: 6 Co Living Jakarta Fasilitas Lengkap, Harga Bersahabat

Kegiatan liburan ini menjadi pilihan banyak orang untuk healing yang dapat dilakukan kapan saja. Staycation juga kerap dikaitkan dengan keterbatasan waktu liburan. Konsep liburan ini memang identik dengan liburan singkat. 

Masyarakat Indonesia terutama milenial mengenal staycation sebagai jenis liburan dengan menetap di penginapan dalam kurun waktu tertentu. 

Meski destinasi utamanya adalah penginapan seperti hotel, vila, atau resort, namun jenis liburan ini mampu menghadirkan suasana yang ampuh untuk refreshing atau menjernihkan pikiran. 

Kegiatan atau Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Staycation

Bukan hanya tidur atau berdiam di kamar hotel saja, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan selama staycation. 

Baca juga: Perkiraan Biaya Hidup di Bali untuk Mahasiswa

Tentunya kegiatan-kegiatan yang tidak bisa kamu lakukan saat sibuk bekerja. Berikut ini sejumlah kegiatan yang mungkin bisa kamu lakukan selama staycation:

1. Menikmati daerah pedesaan
2. Mengunjungi museum
3. Menonton acara olahraga
4. Bersantai di pantai
5. Menonton pertunjukan musik langsung

6. Berkeliling kota dengan sepeda motor atau mobil
7. Pergi ke bioskop
8. Melihat acara festival
9. Relaksasi di tempat spa
10. Pergi ke taman rekreasi dan hiburan

11. Menginap di hotel lokal
12. Mempelajari keterampilan baru seperti seni membatik
13. Ikut dalam kegiatan olahraga seperti gowes atau menunggang kuda
14. Pergi kemah
15. Pergi mendaki

Baca juga: Apa Itu Rutinitas: Pengertian dan Pentingnya Rutinitas

Keuntungan Staycation

Jenis liburan singkat ini bisa menjadi inspirasi buat kamu yang ingin me time untuk menghilangkan penat. 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan staycation ini. Berikut beberapa keuntungan melakukan staycation untuk kamu.

1. Liburan lebih murah

Salah satu alasan orang-orang memilih untuk melakukan staycation karena biaya liburan ini umumnya lebih hemat dibandingkan liburan ke tempat jauh. 

Kamu bisa menikmati waktu liburan dengan menyenangkan tanpa harus pergi jauh-jauh, seperti melakukan hobi bersepeda, memancing, pergi ke taman kota, atau kegiatan lainnya yang bisa mengurangi kepenatan dan tidak bisa dilakukan pada hari-hari kerja. 

Konsep liburan singkat ini bisa dikatakan sebagai liburan yang paling murah, tergantung kegiatan yang kamu pilih. 

Baca juga: 6 Coffee Shop Menteng Cozy Harga Terjangkau

Namun, bagi para traveller maupun masyarakat biasa yang butuh liburan, staycation ini dapat memangkas biaya perjalanan secara signifikan karena lokasinya yang tidak jauh dari rumah.

2.  Bisa explore kota sendiri

Mungkin selama ini kamu lebih sibuk mencari destinasi liburan yang populer di luar kota atau luar negeri. Jika kamu memilih liburan dengan cara staycation ini, kamu bisa menjelajah kota sendiri. 

Kamu akan menemukan tempat-tempat liburan yang belum pernah dikunjungi atau bahkan kamu tidak tahu tempat itu ada di kotamu. 

Kamu bisa pergi ke pinggiran kota yang biasanya memiliki tempat-tempat menarik untuk staycation. Jika ada jadwal festival budaya, kamu bisa pergi ke acara festival yang bisa mengurangi rasa penatmu dalam waktu singkat.

Baca juga: 14 Rekomendasi Nama Cafe yang Unik dan Lucu

3. Tidak perlu jauh-jauh

Staycation artinya liburan ke tempat yang dekat sehingga kamu tidak perlu membeli tiket pesawat atau booking penginapan jauh-jauh hari. Liburanmu bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan bahkan bisa di sekitar rumah sekalipun. 

Konsep liburan jarak dekat ini tentu lebih hemat dan tidak menguras banyak tenaga. Kamu tidak akan mengalami jet lag atau kelelahan seperti saat kamu mengikuti perjalanan liburan berjam-jam di mobil atau pesawat. 

4. Mudah

Siapa yang sering ribet saat menyusun rencana liburan? Kamu tidak akan mengalami hal tersebut ketika memilih staycation.

Konsep liburan ini lebih mudah dibanding bepergian ke tempat yang lebih jauh karena kamu tidak perlu menukar uang, tidak perlu mengurus visa, dan lebih sedikit perbedaan budaya yang ada di tujuan wisata.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Purbalingga yang Wajib Kamu Kunjungi

Kentungan yang kamu peroleh adalah waktu yang lebih santai dan fleksibel. Kamu bahkan bisa liburan tanpa membuat rencana sama sekali cukup tentukan tujuan utama staycation mau yang seperti apa. 

5. Bisa bertemu teman-teman

Di kota asalmu pasti lebih banyak teman dibanding di kota-kota lain di luar daerah apalagi di luar negeri. Staycation dapat membawa kamu untuk bertemu dengan sahabat atau teman-teman dekat dengan lebih mudah. 

Menghabiskan waktu bersama teman bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa bertukar cerita yang mungkin selama ini sulit dilakukan karena terkendala oleh kesibukan masing-masing.

6. Mendukung bisnis masyarakat lokal

Konsep liburan ini juga sangat menguntungkan bagi perekonomian masyarakat sekitar. Kamu bisa mendukung bisnis mereka dengan membeli makanan, minuman, atau layanan yang ditawarkan. Pilihan liburan ini dapat membantu meningkatkan bisnis lokal. 

Baca juga: Google Luar Negeri: Alamat URL di Tiap Negara

7. Bisa healing tanpa khawatir jatah cuti yang terbatas

Buat kamu yang kerja di kantor atau pabrik biasanya hanya diberikan jatah cuti yang sebentar. Rasanya sangat susah untuk mendapatkan healing karena waktu libur yang sangat terbatas.

Kamu bisa pergi refreshing meski hanya dapat cuti satu hari dengan melakukan staycation. Liburan ini dilakukan di lokasi yang dekat dari tempat tinggal sehingga kamu bisa melakukannya tanpa khawatir masalah jatah cuti yang super singkat.

Kamu bisa menikmati me time dengan menginap di hotel terdekat, pergi ke restoran favorit, membaca komik, camping di belakang rumah, atau lainnya yang bisa buat mood kamu lebih happy. 

8. Ramah lingkungan

Keuntungan dari staycation tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk lingkungan. Konsep liburan ini lebih ramah lingkungan karena identik dengan polusi yang lebih sedikit. Tidak perlu penerbangan sehingga tidak menyumbang emisi atau polusi yang merusak lingkungan.

Baca juga: Rumah Kost Sederhana Tapi Menawan Untuk Mahasiswa

9. Liburan tanpa banyak drama

Terkadang liburan yang diharapkan bisa menghilangkan penat justru membuat kamu tambah stres karena kondisi yang tidak sesuai rencana.

Misalnya saja cuaca yang tiba-tiba tidak bersahabat, macet di perjalanan, anak yang rewel, mabuk perjalanan, dan lain-lain yang sering terjadi ketika melakukan perjalanan jauh. 

Kamu bisa menikmati liburan tanpa banyak drama. Jika tujuan awal tidak bisa dilakukan, kamu bebas untuk mengganti dengan rencana B karena liburan ini lebih fleksibel. Pastikan kamu merasa nyaman dan enjoy meski liburan di dekat rumah saja. 

10. Bisa mempererat hubungan keluarga, sahabat, atau pasangan

Kesibukan orang-orang terdekat karena pekerjaan, tugas kuliah, atau tugas rumah mungkin membuatmu menjadi jarang berkomunikasi dengan mereka. 

Baca juga: Harga TV LED 24 Inch, Keunggulan dan Spesifikasinya

Staycation atau liburan yang tidak jauh-jauh ini adalah cara paling efektif untuk kamu lebih dekat dengan keluarga, sahabat, dan pasangan. 

Kamu bisa memilih kegiatan untuk dilakukan bersama-sama sehingga bisa mendapatkan quality time yang mungkin sudah lama tidak dirasakan. Tidak perlu banyak rencana dan tentunya lebih hemat sehingga lebih mudah untuk semuanya ikut staycation.

11. Bisa meresfresh pikiran

Liburan anti melelahkan ini menjadi solusi untuk mengisi waktu liburan. Kamu bisa memilih staycation Jakarta atau yang dekat-dekat yang dapat memberikan rasa senang dan mengurangi stres ringan yang mungkin kamu rasakan setelah digembleng dengan pekerjaan kantor. 

Staycation mampu mengurangi depresi ringan karena padatnya jadwal sehari-hari. Kamu bisa menginap di hotel lokal untuk merefresh pikiran yang selama ini hanya dipenuhi oleh bayang-bayang tugas kantor atau sekolah.

Baca juga: Harga Starbucks Mahal Namun Tetap Sukses di Indonesia, Ini Alasannya!

Itulah beberapa informasi seputar staycation yang menjadi tren di zaman sekarang. Jenis liburan singkat ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan yang dapat menghilangkan rasa penat. 

Pilihan liburan terbaik dengan waktunya yang singkat, jaraknya tidak terlalu jauh, dan lebih hemat biaya. Butuh liburan dan cari tempat staycation yang menarik? Kamu bisa menemukan banyak pilihan tempat kos yang mudah di Idkos.com untuk staycation.

Rekomendasi Kost

Berita Terkait