Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang Terbaru

26 Juli 2022

Pada awalnya pemerintah membuat program Kartu Prakerja untuk meningkatkan keterampilan bagi masyarakat, baik yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan.

Kini Prakerja menjadi salah satu program semi bantuan sosial yang bertujuan untuk membantu mendongkrak perekonomian setelah masa pandemi. 

Masyarakat dapat mengikuti cara daftar kartu pra kerja melalui situs resmi Prakerja. Pendaftaran dibuka untuk masyarakat umum usia produktif sesuai persyaratan. Pendaftaran gelombang terbaru menunggu jadwal pembukaan dari panitia Prakerja. 

Jadi masyarakat perlu mengecek di laman resmi Prakerja mengenai pembukaan gelombang Terbaru. Lalu bagaimana cara pendaftarannya? Langsung saja simak ulasan berikut.

Baca Juga: Tips Mencari Kost Bandung dengan Mudah dan Terpercaya

Cara Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang Terbaru

Bagi yang sudah mendaftar kartu Prakerja tetapi belum pernah lolos seleksi, maka bisa mengikuti gelombang berikutnya atau Prakerja Gelombang Terbaru ini. Tidak perlu mendaftar ulang dari awal karena data tersimpan otomatis dengan sistem PMO atau Project Management Office Prakerja. 

Sedangkan untuk masyarakat yang sama sekali belum pernah mendaftar, maka bisa daftar kartu Prakerja dengan membuat akun terlebih dahulu. Bagaimana cara daftar kartu pra kerja jika belum punya akun? Yuk ikuti langkah-langkah pendaftaran kartu Prakerja berikut.

1. Buka website resmi Prakerja

Silahkan mendaftar di situs resmi Prakerja di https://dashboard.Prakerja.go.id/daftar

2. Daftar akun dengan email

Selanjutnya klik menu “Daftar Sekarang”, kemudian masukan email aktif dan password untuk akun Prakerja.

3. Verifikasi email

Cek email dan klik link verifikasi yang dikirim Prakerja. Verifikasi akun harus segera dilakukan karena link verifikasi aktif hanya untuk beberapa menit. 

4. Login ke akun Prakerja

Cara daftar kartu pra kerja bisa dilakukan melalui dashboard akun Prakerja yang sudah dibuat dengan cara login akun Prakerja setelah verifikasi.

5. Verifikasi KTP & KK

Berikutnya adalah tahap verifikasi data diri dengan memasukkan nomor KTP dan nomor KK yang benar.

6. Isi data diri

Melengkapi data diri seperti nama sesuai KTP, pekerjaan, status perkawinan, jumlah tanggungan, nama orang tua, dan alamat.

7. Verifikasi nomor handphone

Jika data diri sudah lengkap dan sesuai, maka dilanjutkan dengan verifikasi nomor handphone yang aktif. 

8. Mengisi pernyataan dengan jujur 

Selanjutnya akan muncul beberapa pernyataan yang harus diisi dengan jujur.

9. Menyelesaikan tes kemampuan dasar dan motivasi

Lanjut dengan tes motivasi dan kemampuan dasar yang wajib diselesaikan semuanya.

10. Gabung gelombang

Setelah menyelesaikan tes, silahkan gabung gelombang sesuai jadwal seleksi batch yang muncul di dashboard.

11. Pendaftaran selesai

Cara mendaftar kartu pra kerja selesai.

12. Tunggu proses evaluasi dan pengumuman

Setelah mendaftar Prakerja, maka tinggal menunggu evaluasi dari tim Prakerja dan pengumuman kelolosan.

Baca Juga: Aplikasi Cari Kost Solusi Hemat Anak Kost 

Syarat Daftar Kartu Prakerja 

Perlu diperhatikan untuk mendaftar Prakerja ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi calon penerima Prakerja. Adapun syarat daftar kartu Prakerja tahun 2022 yaitu sebagai berikut. 

A. WNI berusia 18-64 tahun

Syarat usia untuk pendaftar Prakerja minimum berusia 18 tahun dan maksimum berusia 64 tahun. Prakerja hanya untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

B. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Program Prakerja hanya untuk masyarakat yang sudah lulus sekolah atau perguruan tinggi dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

C. Masyarakat umum yang sedang mencari kerja

Atau pekerja/ buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, pekerja/ buruh yang terkena PHK, pekerja/ buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, serta pelaku usaha mikro dan kecil (UMK).

Setelah masa pandemi ini Prakerja diprioritaskan untuk pelaku usaha atau masyarakat umum yang terkena dampak langsung pandemi. 

D. Bukan pejabat negara

Seperti ASN, prajurit TNI, pimpinan dan anggota DPR/ DPRD, kepala desa dan perangkat desa, anggota POLRI, direksi/ komisaris/ dewan pengawas BUMD maupun BUMN. 

Cara daftar kartu pra kerja berlaku untuk masyarakat yang bukan termasuk dalam golongan ini.

E. Maksimal 2 NIK dalam 1KK

Apabila ingin mendaftar kartu Prakerja dalam 1 Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK. 

Insentif Penerima Kartu Prakerja

Apabila dinyatakan lolos kartu Prakerja, maka harus mengikuti kelas pelatihan terlebih dahulu agar insentif dapat keluar. Tersedia kelas pelatihan online dan offline yang dapat diikuti oleh penerima kartu Prakerja. 

Total insentif yang akan diterima yaitu sebesar Rp 3,550,000 tetapi tidak semuanya bisa dicairkan. Berikut daftar insentif kartu Prakerja dan jumlahnya.

1. Insentif untuk pelatihan

Jika berhasil dengan cara daftar kartu pra kerja online dan sudah dinyatakan lolos di dashboard Prakerja, maka bisa mendapatkan insentif. Pertama adalah untuk pelatihan yang diberikan insentif sebesar Rp 1.000.000. 

Insentif ini digunakan untuk membeli kelas pelatihan seperti kelas berjualan online, desain, memasak, barista, strategi pemasaran, dan masih banyak lagi. Penerima kartu Prakerja harus menyelesaikan kelas pelatihan pertama untuk bisa mendapatkan insentif berikutnya. 

2. Insentif Rp 600.000 per bulan

Insentif ini yang bisa dicairkan oleh penerima kartu Prakerja yang lolos gelombang sesuai cara daftar kartu pra kerja. Jadwal insentif yaitu untuk 4 bulan dengan nominal Rp 600.000 setiap bulannya. Jadi total insentif yang akan diterima oleh penerima kartu Prakerja adalah Rp 2.400.000.

3. Insentif survei Prakerja

Selain mendapatkan insentif Prakerja, juga ada insentif survei. Jadi penerima kartu Prakerja akan mendapatkan beberapa pertanyaan untuk dijawab yang terbaik menjadi 3 survei. Masing-masing survei bernilai Rp 50.000 sehingga total insentif untuk 3 survei adalah Rp 150.000.

Jadwal survei pertama biasanya muncul 30 hari setelah jadwal insentif Prakerja yang pertama. Namun lebih pastinya bisa dicek setiap hari di dashboard Prakerja.go.id.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Terbaru

Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Setelah mengetahui cara daftar kartu pra kerja, simak juga bagaimana ketentuan untuk pencairan insentif kartu Prakerja yang akan diterima. Berikut alurnya mengenai jadwal insentif Kartu Prakerja.

1) Insentif untuk pelatihan

Perlu diketahui bahwa penerima kartu Prakerja ini hanya menerima nomor kartu Prakerja. Jadi tidak ada bentuk fisik kartunya, hana nomor kartu Prakerja yang dapat dilihat di dashboard Prakerja.go.id. 

Apabila cara daftar kartu pra kerja sudah benar dan dinyatakan lolos, maka secara otomatis saldo Rp 1.000.000 akan masuk ke akun Prakerja. Saldo insentif ini digunakan untuk membeli pelatihan di berbagai platform kelas online yang menjadi mitra Prakerja. 

Jadi untuk insentif 1 juta ini tidak masuk ke rekening, melainkan untuk membayar pelatihan. Silahkan hubungkan beli pelatihan dengan saldo Prakerja. Nanti saldo akan terpotong sesuai biaya kelas pelatihan yang diambil.

2) Insentif yang cair ke rekening

Setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapat sertifikat, maka tinggal menunggu jadwal insentif muncul di dashboard Prakerja. Insentif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan akan ditransfer melalui rekening yang tersambung dengan akun Prakerja.

Bisa menggunakan rekening BNI maupun e-wallet seperti OVO, LinkAja, dan Dana. Namun untuk peserta yang menggunakan e-wallet, akun harus sudah diupgrade terlebih dahulu. Jika insentif berhasil ditransfer, maka akan muncul notifikasinya. 

Itulah cara daftar kartu pra kerja dan beberapa informasi penting mengenai program kartu Prakerja dari pemerintah. Jika merasa memenuhi syarat dan ingin mendapatkan bantuan untuk meningkatkan skill atau kompetensi keahlian, silahkan untuk mendaftar dan hanya di laman resmi Prakerja.

Sekian ulasan dari idkos.com tentang Cara Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang Terbaru.

Rekomendasi Kost

Berita Terkait