16 Contoh Desain Kos-Kosan yang Menarik untuk Bisnis atau Referensi Kamar Anda

14 Februari 2022

Referensi desain kos-kosan tentunya sangat diperlukan bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income dari bisnis ini. Perlu kita ketahui, bahwa potensi bisnis kos-kosan masih dianggap sangat menjanjikan. Sewa rumah kost dengan desain kos-kosan terkini bisa menjadi penghasilan tambahan tersendiri bagi pemilik kost. Terebih apabila akses lokasinya cukup strategis, yakni berada di area perkantoran maupun kampus serta ditambah desain kos-kosanya menarik. 

Desain yang kami share juga bisa untuk referensi kamar kost anda sendiri. Seiring dengan adanya perubahan trend gaya hunian, bentuk kost saat ini tentunya akan sangat berbeda dengan desain kosan zaman dulu. Agar kosan tersebut menarik para penyewa, maka perlu mempunyai fasilitas yang lengkap dan nyaman. 

Bentuk Desain Bangunan atau kamar Kos yang Menarik

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis kosan atau butuh referensi untu kamar kost lebih keren, berikut ini ada beberapa ide desain bangunan populer untuk Anda agar kosan menjadi lebih eksklusif dan menarik. 

1. Desain Kos-Kosan Gaya Industrial

contoh desain kos-kosan bergaya industrial

source: hipwee.com

Bentuk desain arsitektur yang saat ini sedang menjadii tren di kalangan masyarakat dunia, salah satunya desain industrial. Dari desain bergaya industrial ini ternyata bisa dipakai pada jenis bangunan lain lho, salah satunya untuk mendesain bangunan kos 2 lantai yang Anda miliki. 

Baca Juga Ini 4 Tips Hemat Buat Anak Kos yang Bisa Dicoba!

Gaya ini terbilang cukup unik dan nyentrik karena bisa menghadiran kesan modern yang elegan. Selain itu, desain yang satu ini juga cukup efisien untuk digunakan pada kosan putra maupun kosan putri. 

2. Desain Kos-Kosan Modern Kontemporer

contoh desain kos-kosan bergaya modern kontemporer

source: rumah.com

Bagi Anda yang memang sedang berbisnis kosan dengan target pasarnya adalah orang pekerja  kantoran, maka bisa mengaplikasikan desain modern kontemporer. Desain kosan yang satu ini tentunya bisa menarik minat para karyawan kantoran karena terlihat lebih elegan dan mahal. 

Bentuk desain modern sekarang yang dihadirkan dari modern kontemporer ini memberi potensi menarik bagi para penghuni kamar kos, meraka akan merasa lebih betah tinggal berlama-lama di dalam kos. 

3. Desain Kos-Kosan Konsep Minimalis Pada Ruang Kos

contoh desain kos-kosan minimalis sederhana

source: pinterest

Untuk Anda yang memiliki lahan terbatas namun tetap merancang ruang desain kost yang cozy, maka Anda bisa mengaplikasikan bentuk ruangan kos minimalis. Desain ini akan membuat kosan yang Anda buat lebih terlihat kekinian, meski ukurannya minimalis. 

Selain itu, Anda juga bisa menciptakan tambahan ornamen berupa deretan pajangan tanaman hias. Baik itu ditempatkan di luar ataupun di dalam ruangan. Penambahan tanaman ini tentunya akan membuat kosan Anda terasa lebih sejuk ataupun memberi kesan nyaman. 

4. Desain Rumah Kos Sehat

contoh desain kos-kosan go green

source: 99.co

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk kalangan muda-mudi di perkotaan saat ini sudah mengerti bagaimana konsep ruangan kos lebih sehat. Termasuk dengan memilih kosan untuk tempat tinggal sementara. 

Jika memang target market Anda adalah generasi milenial dan generasi z, maka Anda bisa menghadirkan desain kosan yang memiliki banyak ruang terbuka hijau. Selain bisa membuat suasana lebih asri, kosan ini juga akan lebih sehat untuk para penghuninya. Rumah kost yang sehat tentunya juga menambahkan beberapa opsi bagi penghuninya merasa sehat. Selain itu, kenyamanan juga akan menjadi salah satu elemen yang harus Anda perhatikan dengan baik. 

5. Konsep Desain Rumah Kos 2 Lantai Minimalis 

contoh desain kos-kosan 2 lantai minimalis

source: desain.id

Gaya minimalis memang saat ini masih dicari di semua lapisan masyarakat luas. Oleh karena itulah, kemungkinan besar ada manfaat jika Anda membuat satu bentuk rumah 2 lantai bertema modern ataupun minimalis ini. Terlebih jika memang lahan yang Anda miliki terbatas.

Jadi, satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat kosan naik menjadi 2 lantai. Jika memang kamar kos yang Anda tawarkan rapi dan bersih, pastinya para penyewa pun akan tertarik. Bahkan, para penyewa ini pun merasa enggan untuk berpindah tempat kosan. 

6. Desain Kos-Kosan Bertema Estetika

contoh desain kamar kost estetik

source: desain.id

Jika Anda sedang merencanakan untuk mambangun rumah kosan, maka manfaatkan keahlian seorang arsitek. Konsep dasar menggunakan jasa arsitek, maka Anda dapat memberi konsep rumah yang lebih terstruktur rapi pada kost. 

Memiliki hunian kos dengan estetika tinggi tentunya akan menjadi inspirasi bagi orang lain dalam proses membangun rumah kos atau yang akan menata ruangan kosannya. 

Baca Juga 13 Tips Ampuh Berhemat  Ala Anak Kost

7. Desain Rumah Kos 2 Lantai Konsep Modern

contoh desain kos-kosan 2 lantai modern

source: dekoruma.com

Ada banyak sekali ide yang bisa Anda dapat menghadirkan satu desain 2 lantai hingga memiliki banyak kamar. Pada umumnya, desain 2 lantai untuk rumah kos mempunyai bentuk dan tampilan yang cukup monoton dan tidak menarik. 

Namun, Anda bisa mengaplikasikan desain modern pada konsep 2 lantai rumah kos yang Anda buat. Anda juga bisa mencoba bagaimana proses pemilihan dan pembuatan pintu kamar dengan berbagai desain terbaik satu dengan lainnya, meskipun memang saling berseberangan.  

7. Desain Rumah Kos Dengan Taman di Interiornya

contoh desain kos-kosan interior taman

source: desain.id

Untuk bisa menempatkan sebuah taman di bagian interior rumah kos, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melihat konsep desain taman terbaik ataupun minimalis. Adanya konsep taman kecil memberi instrumen teduh dari panasnya sinar matahari di siang hari.

Selain itu, sirkulasi udara yang ada di kosan juga akan semakin baik. Tidak hanya itu, dengan adanya taman di tengah kosan ini juga akan membuat suasana kos menjadi lebih tenang dan asri. 

8. Desain Kosan 1 Lantai

contoh desain kos-kosan 1 lantai

source: 99.co

Jika dana yang Anda miliki untuk membangun rumah kos cukup terbatas. Maka Anda bisa membuat desain yang sedehana saja untuk rumah kos ini. Anda juga bisa membuat desain kosan 1 lantai yang mana kamarnya terlihat berderet. 

Setiap kamarnya bisa Anda pisahkan dengan menggunakan sekat diantara unitnya. Tujuan dari diberikannya sekat ini adalah untuk menjaga privasi dari masing-masin penyewa. 

9. Desain Ruang Kamar Kos Variasi Warna

contoh desain kos-kosan warna-warni

source: 99.co

Desain dari satu kamar kos bisa dirubah dari aspek warna. Penentuan warna ini cenderung memberi tema baru yang kemudian diakses sebagai variasi setiap ruang kamar. Karena itu desain warna yang memanfaatkan satu ataupun dua kombinasi bisa dipilih untuk memberi tema menarik.

Dari aspek estetika memang terlihat dominan warna putih ataupun hitam. Kemudian pada sisi perubahan desain akan selalu menggunakan variasi warna sesuai identitas pemilik kamar kos baik itu wanita ataupun pria.

10. Desain Ala Korea

contoh desain kos-kosan ala korea

source: idntimes.com

Desain dari satu ruangan kos memang memberi tema-tema menarik terutama pada versi dekorasi ala Korea. Cukup banyak contoh dari satu desain ruangan kamar ala Korea yang mana menghasilkan sebuah tema baru sekaligus menciptakan ruangan terbaik.

Tidak hanya fokus di dalam pembuatan warna dinding dan lantai ataupun ornamen saja, tetapi pada perangkat selimut, guling, bantal, dan sprei juga menjadi perhitungan penting. Sehingga desain ruang berbeda ataupun lebih variatif bisa diperhitungkan dalam waktu cepat dan terjangkau.

11. Desain Kamar Kost Konsep Lebih Sederhana

contoh desain kamar kost sederhana

source: pencarinafkah.com

Untuk bentuk ruangan kamar kos terlihat sederhana tidaklah sulit untuk bisa menghasilkannya. Karena dari awal terlihat bagaimana desain kamar kos bisa terlihat menarik, unik dan nyaman. Selain itu, Anda bisa menghindari penempatan barang yang diharapkan memberi ruang lebih leluasa sebagai tempat istirahat. Selain itu dari konsep tambahan tanaman hias kemudian rak gantung, dan beberapa ornamen seperti jam juga bisa ditambahkan.

Sebisa mungkin hindari beberapa penempatan dekorasi kamar yang dirasakan kurang nyaman dan sebenarnya bisa dipilih dari aspek desain minimalis sederhana. Pada dasarnya kamar masih terlihat menarik meskipun membutuhkan instrumen terbaik lainnya.

12. Desain Ruang Kamar Kos Terbaru

contoh desain kamar kost terbaru

source: merdeka.com

Desain sebuah interior kamar untuk rumah kos memang masih dominan terlihat sederhana. Namun, pada faktanya Anda bisa menempatkan karpet bulu sebagai konsep tambahan. Sebab, dari jenis karpet bulu ini dapat dipadukan bersama pemilihan kaca jendela dan sebagainya. Tambahan dari interior minimalis sebuah kamar kos memang selalu memperhitungkan kenyamanan. Dari sinilah Anda dapat menambahkan bentuk alas kayu tempel ataupun model stiker.

Tidak butuh budget besar karena semua perangkat tambahan dapat dibeli dengan harga terjangkau. Tidak hanya itu saja, karena bentuk ragam motif sprei masih membuka peluang penempatan dekorasi kamar lebih estetik. Ditambah lagi adanya penempatan warna yang selama ini mampu memilih tema abu-abu ataupun bisa memakai motif garis warna. Ada beberapa potensi dimana pemilihan motif warna sprei juga dapat memberi tema lebih cantik. 

13. Desain Bentuk Lemari Dengan Simple

contoh desain kamar kost dengan lemari simple

source: arsitur.com

Untuk desain rumah kos berukuran kecil kemudian berada di area yang sempit sebaiknya cermati dari semua aspek ukurannya. Tidak hanya itu, pemilihan dari setiap warna juga memberi perhitungan berbeda. Sehingga desain kamar harus terlihat lebih luas. Bahkan Anda dapat melihat berbagai contoh desain kos eksklusif yang sementara ini dihadirkan secara lengkap.

14. Desain Interior Dengan Nuansa Monokrom

contoh desainkamar kost monokrom

source: archify.com

Desain dari satu kamar dengan tema monokrom memang cukup mudah diterapkan. Hanya saja ada sifat netral yang kemudian diandalkan untuk menghuni sebuah kamar kos tersebut. Dari tema monokrom inilah ada nuansa baru yang tenang dan juga bersih di setiap ruangan kamar.
Secara tidak langsung pemilihan dari penataan furniture lebih rapi kemudian beberapa penentuan warna juga membuka konsep baru hingga menghasikan tema furniture lebih menarik.

15. Desain Pilihan Ranjang Lebih Dari Satu

contoh desain kamar kost ranjang bertingkat

source: grid.id

Sejauh ini ada banyak konsep yang selalu dihadirkan sebagai modal tepat dalam menghasilkan ruang kos lebih nyaman. Dari awal ada perhitungan pentign dimana tambahan ruang inilah yang sekarang menjadi opsi menarik. Nantinya ada bentuk tembok pemisah hingga dapat memberi efisiensi ruangan di satu rumah kos.

Pada dasarnya pemilihan 2 ranjang ini juga memberi tema ruang baru dan privasi lebih maksimal. Sehingga ada bagian penting dimana potensi untuk merubah satu meja dan furniture lainnya juga membuka tema baru. Tidak jarang dari pemilihan 2 kasur ini kerap memberi kenyamanan tersendiri.
Secara tidak langsung perhitungan dari penentuan kursi dengan tema minimalis ini tidak selalu memberi kesan mewah.

Baca Juga 7 Rekomendasi Kasur Lipat Lantai yang Cocok untuk Anak Kost

Hanya saja Anda perlu melihat contoh dari desain kos kosan yang kemudian memanfaatkan tema ranjang double. Penentuan lokasi furniture seperti meja juga perlu diperhatikan agar bisa memberi pencahayaan dan kenyamanan lebih baik.

16. Desain Tampilan Ruang Lebih Mewah Namun Simple

contoh desain kamar kost tamplan mewah

source: dafunda.com

Untuk menjadikan kost mewah dan ekslusif, memang perlu beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jika dari satu ruang memperlihatkan tema lebih sederhana, tentu saja ada pemilihan perangkat furniture secara tepat. Hanya saja dari komponen warna dan juga desain furniture juga perlu dipertimbangkan. Ada warna coklat muda yang mampu menampilkan kesan minimalis dan rapi. 

Disamping itu ada penggunaan tipe lampu yang berbeda-beda. Selama ini ada bentuk bohlam berbentuk bulat, namun saat ini Anda bisa merubahnya untuk memberi konsep lebih unik. Sekaligus ada beberapa poin penting dimana ada skema tampilan ruang lebih mewah ini harus menempatkan barang-barang baru.

Konsep dari membuat desain kos-kosan memang tidak selalu memberi tampilan baru. Hanya saja ada perubahan cukup banyak ketika Anda ingin mencoba seperti apa dasar-dasar tepat untuk bisa dikembangkan sebagai tampilan baru yang sekarang bisa diakses dan diaplikasikan tanpa harus mengeluarkan budget besar.

Rekomendasi Kost

Berita Terkait